25/03/2021

Ujian Anak

Katanya ini ujian yang paling menyeramkan, lulus anak = lulus fkui, mitosnya gitu. Meski seringkali kemakan banyak mitos tapi begini lah saya, jam 2 pagi belum tidur dan sudah muntah 3x. Padahal burger McD-nya enak. 

Tadi siang puncak putus asa. Sebenarnya udah pernah deh lewatin ujian yang menegangkan juga, sbmptn dan simak dulu. 
Tapi gak pernah ujian ke pasien langsung. Kalau blank gimana coba.

Terus tadi ditampar banget pas buka Al Quran, eh surat Luqman. Nasihat Luqman kepada anaknya. 
Terus saya terketuk, gimana coba caranya seorang anak bisa taat beribadah kepada Allah kalau mereka sakit? Kalau mereka harus menghabiskan waktu 2 bulan terbaring? Terus dokternya kayak saya. Dokternya males kayak saya. 
Gimana coba mereka bisa sembuh? 
Nangis kejer banget. Baru sadar banget sekarang tuh udah bukan cuma lulus gak lulus. Tapi kompeten atau engga? 

Kemarin Berlian ngomong, "ya kesempatan lo ketemu pasien anak ya di sini lah. Gimana kalau sampe udah jadi dokter nanti ga ada lagi kesempatan sebesar ini interaksi sm pasien anak?"
Terus langsung sadar aja, ini tuh beneran anak orang lain yang saya hadapin. Anak yang ditunggu-tunggu kelahirannya.
Anak yang sebenarnya bahkan gak tau apa yang terjadi sama mereka.

Tersadarkan banget sama hal itu, terus berusaha pasrah sebenarnya. Yaudah yang penting saya udah belajar semampu saya. Dan akan tetap kurang, 
Kalau kata Tatang yang ngirimin boba dan blueberry cheese cake siang-siang, "perfectionism kills you and everything you love."

Yaudah esensi ujian ya namanya juga ujian. Wajar gak sih kalau gak sempurna? Kalau sempurna udah jadi dokter anak dong saya. 

Tapi, mau lulus ya Allah, boleh ya? Aaamiin. 

No comments:

Post a Comment