Wednesday, 4 September 2013

Topeng.

Identitas diri?
Apa itu?



Jujur aja, banyak manusia yang mendirikan benteng benteng pertahanan atas apa yang dia nggak mau dunia tau. Pertengkaran dengan diri sendiri contohnya. Ketika lo menentukan pilihan pilihan dari pilihan pilihan. Titik yang berat. Lo lemah, tapi sok kuat. Seenggaknya, tiap orang punya caranya sendiri untuk 'melindungi' diri kan? Beradaptasi. Dari seleksi alam, apapun bentuknya. Banyak manusia yang lebih mending berperang dengan diri sendiri dibanding berperang dengan dunia dengan menunjukan kelemahan mereka. Nggak ada yang mau tersingkir, nggak ada yang mau jadi debu apalagi angin lalu. Saking banyaknya benteng pertahanan yang di buat, kadang kita bingung juga, jadi kita yang sebenarnya yang mana? Kita itu siapa dan bagaimana? 
Itulah. Krisis Identitas. Mengenal diri sendiri aja nggak. 
Sesuai kondisi, sesuai posisi. 
Aneh, iya aneh. Mungkin nggak semua orang pasang topeng. 
Atau mungkin kita nggak sadar mana yang topeng mana yang bukan? 
Tapi setiap orang pasti punya sesuatu yang dirahasiakan dan dihindarikan? Makanya pasang topeng, buat benteng. 

Kalau aja topeng itu bisa terlihat, 
Mungkin yang ada di diri gue udah berlapis lapis. 
Sudah lama ternyata. Sudah jauh. 
Pengecut lo, Fon. 
Terus, gimana? 
Bukannya salah satu ciri mahluk hidup beradaptasi? 


Dalam kondisi kaya gini, gue merasa jadi Nanta banget.
Atau mungkin dia itu gue. 

Dunia, maaf ya, manusia hobi berpura pura. 
Manusia kaya saya. 

No comments:

Post a Comment